perencanaan
pesan-pesan bisnis adalah :
1.
Pemahaman Proses Komposisi
Penyusunan
proses komposisi seperti halnya proses menciptakan lagu;merencanakan lagu,
membuat aransemen dan menentukan musisinya hinnga melakukan revisi-revisi
hingga lagu enak didengar. Begitu juga proses penyusunan pesan-pesan bisnis;
perencanaan, pengorganisasian, dan revisi.
2.
Perencanaan
Beberapa
hal perlu diperhatikan dalam perencanaan diantaranya maksud komunikasi, sasaran
audiens, ide pokok, saluran yang digunakan.
3.
Pengorganisasian
Organisasi
dan komposisi erat kaitannya dengan penyusunan kata kalimat, dan paragraf perlu
diperhatikan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah
dimengerti, dan dilaksanakan.
4.
Revisi
Seluruh
maksud dan isi pesan ditelaah kembali dari substansi pesan yang akan
disampaikan,gayapenulisa, struktur kalimat, dan bagaimana tingkat pemahaman.
Pengecekan dilakukan agar pesan tersampaikan sesuai perencanaan.
5.
Penentuan Tujuan
Tahap
pertama dalam merencanaka suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud atau
tujuan komunikasi. Untuk dapat melakukan hal itu, pertama anda harus menentukan
tujuan yang jelas sesuai tujuan organisasi.
6.
Mengapa tujuan harus jelas
Penentuan
tujuan yang jelas bagi suatu organisasi akan dapat membantu proses pengambilan
keputusan yang mencakup antara lain :
- keputusan untuk meneruskan
pesan
- keputusan untuk menanggapi
audiens
- keputusan untuk memusatkan isi
pesan
7.
Tujuan komuikasi bisnis.
Secara
umum ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu : memberi informasi, persuasi, dan
melakukan kolaborasi
8.
Cara menguji tujuan
Untuk
menguji apakah suatu tujuan yang telah ditetapkan tersebut sudah baik atau
belum perlu pengujian dengan empat pertanyaan berikut.
- apakah tujuan tersebut
realistik
- apakah waktunya tepat
- apakah orang yang mengirimkan
pesan sudah tepat
- apakah tujuannya selaras dengan
tujuan orgsnisasi perusahaan
9.
Analisis Audiens
Bila
suatu komunikasi telah memiliki maksud dan tujuan yang jelas, langkah
berikutnya adalah memperhatikan audiens yang akan dihadapi.
1.
Cara mengembangkan profil audiens.
Mengembangkan
suatu profi audiens boleh dikatakan gampang – gampang susah. Penentuan profil
audiens dalam hal ini tidak akan mengalami kesulitan karena audiens adalah
orang – orang yang sudah dikenal, akantetapi akan menjadi sulit bila
belum.dalam kasus ini komunikator perku melakkukan investigasi untuk
mengantisipasi reaksi mereka.
- menentukan ukuran serta
komposisi audiens
- siapa audiens
- reaksi audiens
- tingkat pemahaman audiens
- hubungan komunikator dengan audiens
2.
Cara memuaskan audiens akan kebutuhan informasi
Kunci
komunikasi yang efektif adalah dengan menentukan kebutuhan informasi audiens
dan selanjutnya berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan lima tahap di bawah
ini ;
- cari apa yang diingikan oleh
audiens
- antisipasi pertanyaan yang
tidak diungkapkan
- berikan semua informasi yang
diperlukan
- pastikan bahwa informasinya
akurat
- tekankan ide – ide yang menarik
bagi audiens
3.
Cara memuaskan kebutuhan motivasional audiens
Ada
kecenderungan bahwa audiens tidak mau mengubah sesuatu yang ada dengan hal yang
lebih baru. Cara mengatasinya adalah dngfan mengatur pesan – pesan sedemikian
rupa sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima audiens dengan mudah.
Pendekatan yang dapa deliakukan adalah dengan memberikan argumentasi yang
bersifat rasional. Meskipun pendekatan argumentasi merupakan cara yang baik,
perlu juga untuk mencoba menggunakan pendekatan emosi.
10.
Penentuan Ide Pokok
Setelah
menganalisis tujuan dan audiens delanjutnya adalah menentuka cara mencapai
tujuan tersebut. Setiap pesan bisnis akan bermuara pada satu tema pokok yaitu
ide pokok.
Sebelum
menentukan ide pokok hal – hal penting yang harus diidentifikasikan terlebih
dahulu :
1.
Teknik Curah Pendapat
beberapa
teknik curah pendapat yang dapat digunakan antara lain :
- storyteller’s tour
- random list
- cfr (conclusions findings
recomendation) worksheet
- journalist approach
- quetion and answer approach
2.
Pembatasan Cakupan
Penyajian
informasi rutin terhadap audiens hendaknya menggunakan kata – kata yang singkat.
Ide pokok dari pesan – pesan disesuaikan dengan waktu yang tersedia sehingga
poin yang penting tidak terabaikan selain itu ide pokok yang disampaikan harus
mudayh dimengerti dan diterima oleh audiens.
11.
Seleksi saluran dan media
Ide
pokok dari pesan – pesan bisnis dapat disampaikan melalui dua saluran yaitu
saluran lisan atau oral atau tertulis.
1.
Komunikasi Lisan
Salah
satu kebaikan dari komunikasi lisan adalah kemampuan memberikan feedback dengan
segera. Kelebihan lain adalah sifatnya yang ekonomis. Pendekatan lisan juga
bermanfaat apabila yang disajikan adalah informasi kontroversial karena reaksi
audiens dapat terbaca dari bahasa isyarat mereka.
2.
Komunikasi Tertulis
Salah
satu kelebihan komunikasi tertulis adalah peneulis mempunyai keempatan untuk
merencanakan dan mengendalikan pesan – pesan mereka. Suatu format tulisan
diperlukan jika informasi disampaikan kompleks dan dibutuhkan catatan permanan
untuk referensi.
Sumber : google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar